Thursday, March 28, 2019

Resensi Novel Dunia Shopie


Resensi Novel Dunia Shopie


Judul Resensi               : Menyingkap Hidup
Jenis Buku                   : Novel
Genre                           : Fiksi
Penulis                         : Jostein Gaarder
Penerbit                       : PT Mizan Pustaka
Cetakan XXI               : Desember 2016
Bahasa                         : Indonesia
Tebal Buku                  : 798 Halaman
Dimensi Buku (Px L)  : 13  x 20,5 cm
No ISBN                      : 978-979-433-574-1
Harga Buku                  : Gramedia Rp.95.000, (Harga Update September 2011)

        Sinopsis
Novel ini menceritakan sejarah filsafat, mulai awal perkembangan filsafat yunani sampai  abad keduapuluhan. Tokoh utama dalam cerita ini bernama Sophie. Awal mula cerita ketika sophie mendapat surat dari seseorang yang tidak dikenal. Dibukanya surat itu “siapakah kamu ?”. Begitupun selanjutnya dia terus mendapat surat misterius itu, dengan pertanyaan-pertanyaan filsafat. Pengirim surat misterius itu juga mulai menjelaskan tokoh-tokoh filsafat seperti sokrates, plato , aristoteles, dan masih banyak tokoh filsafat yang diceritakannya.
Sejak Sophie banyak membaca tulisan filsafat, sophie terlihat aneh dimata ibunya. Dia sering dikamar untuk membaca surat. Sophie mulai penasaran dengan pengirim surat itu. Dia punya ide dengan cara membalas surat itu dengan meletakkan suratnya di tempat pengirim surat biasanya meletakkan suratnya. Sophie dan pengirim surat misterius akhirnya bertemu. Pengirim surat itu ternyata bernama alberto knog. 
Cerita tidak sampai disitu. Ternyata sophie dan alberto adalah rekaaan imajinasi mayor albert knog. Ketika sophie dan alberto menyadari bahwa peristawa yang menimpannya adalah imajinasi dari albert knog. Mereka berusaha untuk melawan kehendak dari imajinasi penulis.
Dalam dunia yang berbeda juga hidup seorang gadis remaja yang seumuran dengan sophie yaitu hilde. Hilde merupakan seorang tokoh nyata yang merupakan anak dari albert Knog. Akankah sophie dan alberto bisa memasuki dunia hilde dan sang mayor ?
Kelebihan
Serat akan ilmu filsafat yang dijelaskan, bagi seorang pemula ingin tahu apa itu filsafat buku ini sangat cocok untuk di konsumsi. Bahasa yang ringan dan mudah dipahami, apalagi novel yang ditulis ini filsafat yang sukar dipahami.
Kekurangan
Tokoh yang dijelaskan seperti albert knog dan alberto knog ini membuat bingung pembaca. Dua nama yang hampir sama, sehingga pembaca kadang menganggap alberto itu adalah albert begitupun sebaliknya. Menyeambungkan dari dunia yang berbeda ini terkdang membuat bingung pembaca.

No comments:

Post a Comment